Hamil

Apa Itu Preeklampsia? =

Apa Itu Preeklampsia?

Hai ibu!

Beberapa percaya bahwa preeklamsia dapat dicegah dengan meminum satu bayi aspirin setiap hari selama kehamilan. Jika seorang teman atau kerabat menyarankan rencana ini, berhati-hatilah. Tidak ada bukti kuat bahwa aspirin dapat mengurangi risiko atau mengobati preeklampsia, tetapi mengonsumsi aspirin selama kehamilan mungkin berbahaya. Jangan minum aspirin apa pun tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Fakta Kehamilan

Tekanan darah wanita preeklampsia yang tidak mengalami hipertensi sebelum hamil akan kembali normal dalam waktu satu minggu setelah melahirkan.

Preeklamsia adalah istilah medis untuk tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh kehamilan (disebut juga toksemia atau hipertensi akibat kehamilan). Kondisi ini terjadi pada sekitar 7 persen wanita hamil (7 dari setiap 100) pada paruh kedua kehamilan. Jika tidak diobati, preeklampsia dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sistem saraf dan pembuluh darah ibu serta menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada janin (akibat berkurangnya suplai darah ke plasenta). Dalam kasus ekstrim yang tidak diobati, preeklampsia dapat berkembang menjadi kondisi yang sangat serius yang disebut eklampsia, yang menyebabkan kejang-kejang pada ibu dan bahkan koma dan kematian. Untungnya, dengan perawatan medis yang tepat selama masa kehamilan, kasus preeklampsia dapat didiagnosis lebih awal dan biasanya dapat diobati dan dikendalikan tanpa komplikasi besar.

Gejala preeklampsia (yang terlihat pada setiap pemeriksaan rutin) meliputi…

  • Pembengkakan tangan dan wajah.
  • Kenaikan berat badan yang berlebihan secara tiba-tiba.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Protein dalam urin.

Pada stadium akhir yang parah, gejala ini mungkin disertai dengan penglihatan kabur, sakit kepala, lekas marah, kebingungan, nyeri gas yang parah, dan hasil tes trombosit darah yang abnormal [...]